Membaca berarti membuka jendela dunia... Banyak membaca berati banyak ilmu.. Banyak ilmu berarti banyak tahu... Tahu bagaimana cara memandang dan menjalani kehidupan ini... Hidup adalah bekerja keras, keajaiban tidak akan datang begitu saja. Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merubahnya, apa yang harus dirubah? Yang harus dirubah adalah apa yang ada didalam diri mereka sendiri, yaitu state of mind and role of thinking->Bagaimana cara kita berpikir, Cara kita memandang kehidupan, dan Cara kita mengatasi persoalan.

Tuesday, April 26, 2011

Jadwal Kuliah Semester II - 2011/2012


Jadwal Kuliah Semester II - 2011/2012

Hari

Jam
Mata kuliah
S
K
S
Ruang
Dosen
Senin
15:00
s/d
17:00
Studi Al-qur’an : Teori dan Metodologi
2
406
Prof. Dr. H. M.Chirzin, M.Ag
Selasa
15:00
s/d
17:00
Filsafat Ilmu : Topik-topik Epistemologi
2
402
Dr. Alim Roswantoro
Kamis
10:00
s/d
12:00
Studi Al-Hadis : Teori dan Metodologi
2
404
Dr. H. Agung Danarto, M.Ag /
Dr. Al-Fatih Suryadilaga , M.Ag
15:00
s/d
17:00
Politik Pendidikan Nasional
3
302
Prof. Dr. Abdurrahman Assegaf, M.Ag
Jum’at
13:00
s/d
15:00
Analisis Kebijakan Pendidikan Islam
3
206
Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
15:30
s/d
17:00
Manajemen Pendidikan Islam dan Problematikanya
3
204
Dr. Khasnah Saidah, M.A 

Wednesday, April 20, 2011

CATATAN DINAMIKA KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN, MADRASAH DAN SEKOLAH

CATATAN:

* KEPEMIMPINAN MERUPAKAN SALAH SATU FAKTOR YANG MEMAINKAN PERAN SANGAT PENTING DALAM ORGANISASI. KARAKTER VISI DAN KEMAMPUAN PEMIM-PIN SANGAT BESAR PENGARUHNYA;
* PEMIMPIN BAGAIMANA YANG LEBIH RELEVAN BAGI TEMA INI (KEPEMIMPINAN DI MADRASAH DAN SEKO-LAH?). PEMIMPIN KARISMATIK ATAU PEMIMPIN DNGAN PERSPEKTIF MANAGERIAL?
* (MAXWELL DALAM MUHAIMIN, 2009: 30) MENGEMUKA-KAN LIMA TAHAP 
KEPEMIMPINAN, MELIPUTI: 1. PEMIM-PIN KARENA LEGALITAS (BERDASARKAN S.K.), 2. PEMIM-PIN YANG MEMIMPIN DENGAN KECINTAAN, 3. PEMIM-PIN YANG LEBIH BERORIENTASI PADA HASIL, 4. PEMIM-PIN YANG MENGUSAHAKAN KADERISASI PEMIMPIN, DAN 5. PEMIMPIN YANG MEMPUNYAI DAYA TARIK LUAR BIASA. KAMAD & KASEK HENDAKNYA SELALU BERGERAK DARI LEVEL DI BAWAH MENUJU LEVEL DI ATASNYA.   

SEBAGAI PERTIMBANGAN: 
* PEMIMPIN YANG IDEAL MENURUT PERSPEKTIF MANA-GERIAL, BACA:
DELAPAN KOMPETENSI MANAJERIAL:
1. VISIONER;
2. PATUH TERHADAP KEBIJAKAN, ATURAN DAN PROSE-DUR;
3. MAMPU MERENCANAKAN DAN MENGORGANISASI-KAN;
4. MAMPU MEMECAHKAN MASALAH DAN MENG-AMBIL KRPUTUSAN;
5. MAMPU BEKERJASAMA DENGAN TIM DAN BERKO-LABORASI;
6. KOMUNIKATIP SECARA LESAN, TERTULIS, PANDAI MEMPERSUASI DAN MAMPU MEMPENGARUHI;
7. MAMPU MEMBIMBING DAN  MENGEMBANGKAN ORANG LAIN;
8. BERORIENTASI PADA HASIL.

* SANGAT BERBEDA DENGAN IDEAL BAGI PEMIMPIN PONDOK PESANTREN (MAKSUDNYA KYAI) MENURUT HASIL MUSY. BKSPP TH. 1983 (SEKEDAR CONTOH), SYARATNYA ADA LIMA:  
1. MENGUASAI ILMU AGAMA DAN MEMPU MENDIDIK INSAN-INSAN YANG MUTA-FAQQIH FIDDÎN;
2. MENGAMALKAN AJARAN-2 ISLAM DENGAN TEKUN DAN IKHLAS; 
3. MENGHIDUPKAN DAN MENYEBARLUASKAN AJARAN AL-QURAN DAN SUNNAH RASUL SECARA KAÂF-FAH; 
4. BERAKHLAK LUHUR, BERPI-KIR KRITIS, BERJIWA DINAMIS SERTA ISTI-QÂMAH, DAN 
5. BERTAQWA, MEMPUNYAI JIWA BESAR, KUAT MENTAL DAN FISIK, HIDUP SEDERHANA, TAWAKKAL (DST.);

* SEDANGKAN IDEAL BAGI PEMIMPIN MADRASAH DAN SE-KOLAH, LIHAT MUHAIMIN, DKK. DALAM BUKU MANAJE-MEN PENDIDIKAN (HLM 39 -45):
1. MEMILIKI IJAZAH S1 ATAU DIPLOMA 4 KEPENDIDIK-AN DARI P.T. YANG TERAKREDITASI;
2. USIA, MAKSIMAL 56 TAHUN;
3. BERPENGALAMAN MENGJAR, MINIMAL LIMA TAHUN;
4. BERPANGKAT MINIMAL GOL III/C ATAU SETARA;
STANDAR KOMPETENSI KEPALA MADRASAH/SEKOLAH:
1. KOMPETENSI KEPRIBADIAN ( 6 BUTIR);
2. KOMPETENSI MANAJERIAL (16 BUIR);
3. KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN (5 BUTIR);
4. KOMPETENSI SUPERVISI (3 BUTIR);
5. KOMPETENSI SOSIAL  (3 BUTIR).
KRITIK: DIMENSI KEPEMIMPINAN TIDAK EKSPLISIT (IMPLISIT DALAM DIMENSI KEPRIBADIAN, KEWIRA-USAHAAN DAN SOSIAL); PEMIMPIN MESTI LAYAK DIJADIKAN TELADAN, MAMPU MENGENDALIKAN DIRI SENDIRI, BERSIKAP TERBUKA,INOVATIF, BEKERJA KERAS, MEMILIKI MOTIVASI TINGGI UNTUK SUKSES, PANTANG MENYERAH DALAM MENCARI SOLUSI DAN MEMILIKI KEPEKAAN SOSIAL.  DETAILNYA, BACA HALAMAN 42-44);
PEMIMPIN YANG IDEAL (BAGI PONDOK PESANTREN, MADRA-SAH DAN SEKOLAH)  ADALAH PEMIMPIN YANG VISIONER, MEMILIKI INTEGRITAS DAN KEBERANIAN (TERMASUK UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN SECARA BIJAKSANA), MEMILIKI KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL, SPIRITUAL , KEMAM-PUAN KERJA, DAN MENYINTAI ORANG-ORANG YANG DIPIMPINNYA. 

Wednesday, April 6, 2011

RPP-ku Ketika Ngajar di MTs Hidayatul Mubtadi’in Malang


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :    Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan     :    MTs Hidayatul Mubtadi’in
Kelas/Program            :    IX
Alokasi Waktu            :    2 x 40 menit
Tahun Pelajaran          :    2008/2009
Kompetensi Dasar     : Beriman kepada hari akhir
Materi Pokok             : Iman kepada hari sssakhir
Indicator                    :
·           Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
·           Menunjukkan dalil aqli dan naqli
·           Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir

Metode                       :
·           Ceramah
·           Hafalan
·           Tanya jawab

Skenario Pembelajaran:
a.         Kegiatan Awal
·           Apersepsi
·           Guru menjelaskan kompetensi

b.        Kegiatan Inti
·           Guru menjelaskan materi pelajaran
·           Guru memberikan waktu pada murid untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan
·           Guru mengucapkan salam pada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab saklam

c.         Sumber dan Bahan
·           Buku Aqidah Akhlak Kelas IX
·           Al-Qur’an dan terjemah

Penilaian                    :
Jenis penilaian                : Individu
Bentuk penilaian            : Tes
                                         Non test

Mengetahui,
Guru Pamong



Drs. M. Saerozi
Guru Praktikan



Ari susanto

_____________________________________________________________  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            :    Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan     :    MTs Hidayatul Mubtadi’in
Kelas/Program            :    IX
Alokasi Waktu            :    2 x 40 menit
Tahun Pelajaran          :    2008/2009

Kompetensi dasar                 : Beriman kepada alam ghaib yang berhubungan
                                                  dengan hari akhir.
Materi pokok                         : Alam ghaib

Indikator pencapaian           :
a.       Menyebutkan macam-macam alam ghaib:
-          Hisab
-          Mizan
-          Surga dan Neraka
b.      Menjelaskan Pengertian:
-          Hisab
-          Mizan
-          Surga dan neraka
c.       Menunjukkan dalil yang berkenaan dengan:
-          Hisab
-          Mizan
-          Surga dan neraka
Metode                                   :
·           Ceramah
·           Hafalan
·           Tanya jawab

Skenario Pembelajaran        :
a.    Kegiatan Awal
·             Pendahuluan
·             Pretest
·             Apersepsi
·             Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar

b.    Kegiatan Inti
·           Guru menjelaskan materi pelajaran
·           Guru memberikan waktu pada murid untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan
·           Guru mengucapkan salam pada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab saklam

c.    Sumber dan Bahan
·           Buku Aqidah Akhlak Kelas IX
·           Al-Qur’an dan terjemah

Penilaian                                :
Jenis penilaian                : Individu
Bentuk penilaian            : Tes
                                         Non test

Mengetahui,
Guru Pamong



Drs. M. Saerozi
Guru Praktikan



Ari susanto

_____________________________________________________________ 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            :    Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan     :    MTs Hidayatul Mubtadi’in
Kelas/Program            :    IX
Alokasi Waktu            :    2 x 40 menit
Tahun Pelajaran          :    2008/2009
Kompetensi Dasar     : Membiasakan diri berakhlak terpuji terhadap                                                                   lingkungan sosial sesama manusia dalam masyarakat
Materi Pokok      : Mengamalkan akhlak terpuji terhadap lingkungan sosial       sesama manusia dalam masyarakat
Indicator                      :
·         Menjelaskan pengertian akhlak terpuji terhadap lingkungan social
·         Menyebutkan macam-macam akhlak terpuji terhadap sesame (ta’aruf, tafanum, jujur, adil, amanah, menepati janji)
·         Menjelaskan pengertian ta’aruf, tafanum, jujur, adil, amanah, menepati janji.
·         Menunjukkan dalil tentang akhlak terpuji terhadap orang lain
·         Menunjukkan contoh orang yang berakhlak terpuji dalam kehidupan social.
·         Memberikan contoh manfaat orang yang berakhlak terpuji dalam kehidupan social
  • Menunjukkan dalam bentuk perilaku sebagai orang yang berakhlak terpuji dalam kehidupan.
Metode                         :
·           Ceramah
·           Tanya jawab
·           Hafalan

Skenario Pembelajaran:
a.    Kegiatan Awal
·           Apersepsi
·           Guru menjelaskan kompetensi

b.    Kegiatan Inti
·           Guru menjelaskan materi pelajaran
·           Guru memberikan waktu pada murid untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan
·           Guru mengucapkan salam pada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab saklam

c.    Sumber dan Bahan
·           Buku Aqidah Akhlak Kelas IX
·           Al-Qur’an dan terjemah

Penilaian                                :
Jenis penilaian                : Individu
Bentuk penilaian            : Tes
                                         Non test

Mengetahui,
Guru Pamong



Drs. M. Saerozi
Guru Praktikan



Ari susanto

 _____________________________________________________________ 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            :    Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan     :    MTs Hidayatul Mubtadi’in
Kelas/Program            :    IX
Alokasi Waktu            :    2 x 40 menit
Tahun Pelajaran          :    2008/2009 
Kompetensi Dasar      : Membiasakan diri menghindari akhlak tercela terhadap sesama
Materi Pokok              : Akhlak tercela terhadap sesame
Indicator                      :
·           Menjelaskan pengertian  namimah, gadab,dan berkelahi
·           Menjelaskan cirri-ciri sifat namimah,gadab,dan berkelahi
·           Menunjukkan dalil aqli dan naqli akhlaq tercela,namimah gadab dan berkelahi
·           Mengklasifikasikan nilai-nilai berakhlaq tercela namimah,gadab dan berkelahi

Metode                         :
·           Hafalan
·           Diskusi
·           Tanya jawab

Skenario Pembelajaran
a.         Kegiatan Awal
·           Guru-siswa member salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan bismillah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran
·           Siswa menyiapkan buku aqidah akhlak
·           Secara bersama-sama membaca materi tentang akhlak tercela terhadap diri sendiri selama 5-10 menit
·           Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai

b.        Kegiatan Inti
1)        Eksplorasi
·           Untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan siswa tentang akhlak tercela terhadap diri sendiri. Guru membagi kelas menjadi beberapa.
c.         Kegiatan Akhr dan Penutup
·           Kesimpulan materi
·           Pemberian tugas
d.        Sumber dan Bahan
·           Buku Aqidah Akhlak Kelas IX
·           Al-Qur’an dan terjemah

Penilaian                                :
Jenis penilaian                : Individu
Bentuk penilaian            : Tes
                                         Non test

Mengetahui,
Guru Pamong



Drs. M. Saerozi
Guru Praktikan



Ari susanto

_____________________________________________________________  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            :    Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan     :    MTs Hidayatul Mubtadi’in
Kelas/Program            :    IX
Alokasi Waktu            :    2 x 40 menit
Tahun Pelajaran          :    2008/2009
Kompetensi Dasar      : Mengamalkan akhlak terpuji terhadap lingkungan flora dan fauna
Materi Pokok              :  Akhlak terpuji terhadap lingkungan
Indicator                      :
·        Menjelaskan pengertian lingkungan alam
·        Menjelaskan pengertian akhlak terpuji terhadap lingkungan alam
·        Menyebutkan tata cara berakhlak terpuji
·        Menjelaskan manfaat dan fungsi berakhlak terpuji
·        Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan akhlak terpuji
·        Memberikan contoh akhlak terpuji
·Menyatakan dalam bentuk perilaku berakhlak terpuji.

Metode                         :
·           Ceramah
·           Diskusi
·           Tanya jawab

Skenario Pembelajaran:
a.    Kegiatan Awal
·           Apersepsi
·           Guru menjelaskan kompetensi

b.    Kegiatan Inti
·           Guru menjelaskan materi pelajaran
·           Guru memberikan waktu pada murid untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan
·           Guru mengucapkan salam pada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab saklam

c.    Sumber dan Bahan
·           Buku Aqidah Akhlak Kelas IX
·           Al-Qur’an dan terjemah

Penilaian                                :
Jenis penilaian                : Individu
Bentuk penilaian            : Tes
                                         Non test



Mengetahui,
Guru Pamong



Drs. M. Saerozi
Guru Praktikan



Ari susanto


 _____________________________________________________________ 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            :    Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan     :    MTs Hidayatul Mubtadi’in
Kelas/Program            :    IX
Alokasi Waktu            :    2 x 40 menit
Tahun Pelajaran          :    2008/2009
Kompetensi Dasar      : Menjauhi akhlak tercela terhadap lingkungan flora dan fauna
Materi Pokok              : Akhlak tercela terhadap flora dan fauna 
Indicator                      :
·        Menjelaskan pengertian akhlak tercela
·        Menyebutkan macam-macam akhlak tercela.
·        Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan larangan merusak flora dan fauna
·        Menunjukkan contoh sikap seseorang yang berakhlak tercela
·        Menyatakan dalam bentuk perilaku sebagai orangyang menjauhi akhlak tercela

Metode                         :
·           Ceramah
·           Diskusi
·           Tanya jawab

Skenario Pembelajaran:
a.    Kegiatan Awal
·           Apersepsi
·           Guru menjelaskan kompetensi
b.    Kegiatan Inti
·           Guru menjelaskan materi pelajaran
·           Guru memberikan waktu pada murid untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan
·           Guru mengucapkan salam pada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam

c.    Sumber dan Bahan
·           Buku Aqidah Akhlak Kelas IX
·           Al-Qur’an dan terjemah

Penilaian                                :
Jenis penilaian                : Individu
Bentuk penilaian            : Tes
                                         Non test



Mengetahui,
Guru Pamong



Drs. M. Saerozi
Guru Praktikan



Ari susanto


 _____________________________________________________________ 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            :    Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan     :    MTs Hidayatul Mubtadi’in
Kelas/Program            :    IX
Alokasi Waktu            :    2 x 40 menit
Tahun Pelajaran          :    2008/2009 
Kompetensi Dasar      : Mencintai dan meneladani sifat dan perilaku kehidupan rasul / sahabat / ulama / ulul amri tokoh yang beriman dan berakhlak mulia
Materi Pokok          :  Keteladanan nabi, Sahabat, Ulil Amri, dan tokoh beriman dan berakhlak mulia
Indicator                      :
·        Menunjukkan sifat dan perilaku baik dari kehidupan nabi Sulaiman AS, sahabat Abu Hurairah RA, atau tokoh lainnya.
·        Mengambil nilai-nilai yang patut diteladani dan kehidupan nabi, sahabat dan para tokoh lainnya.
·        Mengklasifikasi akibat bersikap dan berperilaku baik sesuai dengan ajaran para nabi, sahabat dan para tokoh lainnya.
·        Meneladani sifat dan perilaku baik sesuai dengan ajaran para nabi, sahabat, dan para tokoh lainnya.

Metode                         :
·           Ceramah
·           Diskusi
·           Tanya jawab

Skenario Pembelajaran        :
d.        Kegiatan Awal
·           Apersepsi
·           Guru menjelaskan kompetensi

e.         Kegiatan Inti
·           Guru menjelaskan materi pelajaran
·           Guru memberikan waktu pada murid untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan
·           Guru mengucapkan salam pada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab saklam

f.         Sumber dan Bahan
·           Buku Aqidah Akhlak Kelas IX
·           Al-Qur’an dan terjemah

Penilaian                                :
Jenis penilaian                : Individu
Bentuk penilaian            : Tes
                                         Non test



Mengetahui,
Guru Pamong



Drs. M. Saerozi
Guru Praktikan



Ari susanto