Membaca berarti membuka jendela dunia... Banyak membaca berati banyak ilmu.. Banyak ilmu berarti banyak tahu... Tahu bagaimana cara memandang dan menjalani kehidupan ini... Hidup adalah bekerja keras, keajaiban tidak akan datang begitu saja. Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merubahnya, apa yang harus dirubah? Yang harus dirubah adalah apa yang ada didalam diri mereka sendiri, yaitu state of mind and role of thinking->Bagaimana cara kita berpikir, Cara kita memandang kehidupan, dan Cara kita mengatasi persoalan.

Wednesday, April 20, 2011

CATATAN DINAMIKA KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN, MADRASAH DAN SEKOLAH

CATATAN:

* KEPEMIMPINAN MERUPAKAN SALAH SATU FAKTOR YANG MEMAINKAN PERAN SANGAT PENTING DALAM ORGANISASI. KARAKTER VISI DAN KEMAMPUAN PEMIM-PIN SANGAT BESAR PENGARUHNYA;
* PEMIMPIN BAGAIMANA YANG LEBIH RELEVAN BAGI TEMA INI (KEPEMIMPINAN DI MADRASAH DAN SEKO-LAH?). PEMIMPIN KARISMATIK ATAU PEMIMPIN DNGAN PERSPEKTIF MANAGERIAL?
* (MAXWELL DALAM MUHAIMIN, 2009: 30) MENGEMUKA-KAN LIMA TAHAP 
KEPEMIMPINAN, MELIPUTI: 1. PEMIM-PIN KARENA LEGALITAS (BERDASARKAN S.K.), 2. PEMIM-PIN YANG MEMIMPIN DENGAN KECINTAAN, 3. PEMIM-PIN YANG LEBIH BERORIENTASI PADA HASIL, 4. PEMIM-PIN YANG MENGUSAHAKAN KADERISASI PEMIMPIN, DAN 5. PEMIMPIN YANG MEMPUNYAI DAYA TARIK LUAR BIASA. KAMAD & KASEK HENDAKNYA SELALU BERGERAK DARI LEVEL DI BAWAH MENUJU LEVEL DI ATASNYA.   

SEBAGAI PERTIMBANGAN: 
* PEMIMPIN YANG IDEAL MENURUT PERSPEKTIF MANA-GERIAL, BACA:
DELAPAN KOMPETENSI MANAJERIAL:
1. VISIONER;
2. PATUH TERHADAP KEBIJAKAN, ATURAN DAN PROSE-DUR;
3. MAMPU MERENCANAKAN DAN MENGORGANISASI-KAN;
4. MAMPU MEMECAHKAN MASALAH DAN MENG-AMBIL KRPUTUSAN;
5. MAMPU BEKERJASAMA DENGAN TIM DAN BERKO-LABORASI;
6. KOMUNIKATIP SECARA LESAN, TERTULIS, PANDAI MEMPERSUASI DAN MAMPU MEMPENGARUHI;
7. MAMPU MEMBIMBING DAN  MENGEMBANGKAN ORANG LAIN;
8. BERORIENTASI PADA HASIL.

* SANGAT BERBEDA DENGAN IDEAL BAGI PEMIMPIN PONDOK PESANTREN (MAKSUDNYA KYAI) MENURUT HASIL MUSY. BKSPP TH. 1983 (SEKEDAR CONTOH), SYARATNYA ADA LIMA:  
1. MENGUASAI ILMU AGAMA DAN MEMPU MENDIDIK INSAN-INSAN YANG MUTA-FAQQIH FIDDÎN;
2. MENGAMALKAN AJARAN-2 ISLAM DENGAN TEKUN DAN IKHLAS; 
3. MENGHIDUPKAN DAN MENYEBARLUASKAN AJARAN AL-QURAN DAN SUNNAH RASUL SECARA KAÂF-FAH; 
4. BERAKHLAK LUHUR, BERPI-KIR KRITIS, BERJIWA DINAMIS SERTA ISTI-QÂMAH, DAN 
5. BERTAQWA, MEMPUNYAI JIWA BESAR, KUAT MENTAL DAN FISIK, HIDUP SEDERHANA, TAWAKKAL (DST.);

* SEDANGKAN IDEAL BAGI PEMIMPIN MADRASAH DAN SE-KOLAH, LIHAT MUHAIMIN, DKK. DALAM BUKU MANAJE-MEN PENDIDIKAN (HLM 39 -45):
1. MEMILIKI IJAZAH S1 ATAU DIPLOMA 4 KEPENDIDIK-AN DARI P.T. YANG TERAKREDITASI;
2. USIA, MAKSIMAL 56 TAHUN;
3. BERPENGALAMAN MENGJAR, MINIMAL LIMA TAHUN;
4. BERPANGKAT MINIMAL GOL III/C ATAU SETARA;
STANDAR KOMPETENSI KEPALA MADRASAH/SEKOLAH:
1. KOMPETENSI KEPRIBADIAN ( 6 BUTIR);
2. KOMPETENSI MANAJERIAL (16 BUIR);
3. KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN (5 BUTIR);
4. KOMPETENSI SUPERVISI (3 BUTIR);
5. KOMPETENSI SOSIAL  (3 BUTIR).
KRITIK: DIMENSI KEPEMIMPINAN TIDAK EKSPLISIT (IMPLISIT DALAM DIMENSI KEPRIBADIAN, KEWIRA-USAHAAN DAN SOSIAL); PEMIMPIN MESTI LAYAK DIJADIKAN TELADAN, MAMPU MENGENDALIKAN DIRI SENDIRI, BERSIKAP TERBUKA,INOVATIF, BEKERJA KERAS, MEMILIKI MOTIVASI TINGGI UNTUK SUKSES, PANTANG MENYERAH DALAM MENCARI SOLUSI DAN MEMILIKI KEPEKAAN SOSIAL.  DETAILNYA, BACA HALAMAN 42-44);
PEMIMPIN YANG IDEAL (BAGI PONDOK PESANTREN, MADRA-SAH DAN SEKOLAH)  ADALAH PEMIMPIN YANG VISIONER, MEMILIKI INTEGRITAS DAN KEBERANIAN (TERMASUK UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN SECARA BIJAKSANA), MEMILIKI KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL, SPIRITUAL , KEMAM-PUAN KERJA, DAN MENYINTAI ORANG-ORANG YANG DIPIMPINNYA. 

0 comments:

Post a Comment